Kamis, 02 Desember 2010

Me and My Blog

Writing and Reading Correlation
Ada satu ungkapan yang mengatakan, bahwa terdapat satu korelasi yang sangat erat antara menulis dan membaca.
Artinya, bila kita gemar membaca, maka otomatis kita akan memiliki kemampuan untuk bisa menulis, karena konon katanya, ketika membaca, dibawah sadar, otak kita telah merekam beragam kosa kata yang didapatkan dari buku tersebut.

Ketika nge blog, gue mencoba untuk menerapkan teori tersebut, karena membaca merupakan salah satu hobi gue.

Contohnya saja, ketika bicara tentang salah satu penulis favorit gue Sophie Kinsella, *thanks to Pakde yang turut mensukseskan lengkapnya koleksi Sophie Kinsella ku tersebut*.

Setelah gue berhasil membaca semua novelnya, dan gue cermati baik baik, maka gue menyadari, bahwa , Sophie Kinsella selalu mengawali setiap novelnya dengan kalimat kalimat yang sangat menarik dan biasanya akan membuat gue sangat penasaran. Sehingga sering kali gue merasa tidak sabar untuk dapat segera membaca kalimat berikutnya, dan berikutnya lagi. Sangat hebat!

Gue pun mencoba menerapkannya dalam blog gue, yaitu mencoba membuat kalimat awal yang catchy dan membuat orang penasaran untuk membaca keseluruhan isi tulisannya.

Contohnya saja, ketika gue membuat postingan yang membahas tentang sepatu, maka gue akan mengawalinya dengan kalimat sebagai berikut :

Seriously….
Kalau suatu saat nanti kita sempet kopdar atau ketemuan…
Tolong jangan suka ngeliat ke bawah yaaa…
maksudnya ke arah kaki gue….
Tepatnya ke sepatu gue…hihihi…

Atau, ketika pada suatu waktu gue membuat suatu postingan tentang betapa parahnya selera fashion gue, maka gue mengawalinya dengan kalimat sebagai berikut :

Baiklah… akan kubongkar saja sekalian…
Sebenernya…
Gue punya rahasia yang sangat kelam ….*diiringi soundtrack film horor*
Rahasianya adalaaaah…
Gue tau apa yang sebenarnya terjadi antara Anang dan Syahrini…hihihi..
eh…salah ya…*emak emak yang haus akan gosip*

Selain itu....

Di blog ini, gue juga lumayan sering menuliskan beberapa dialog yang *mudah mudahan dianggap* lucu...
Walaupun semua kejadian yang ada di blog ini merupakan kejadian nyata, tetapi untuk bisa menceritakannya kembali dalam bentuk tulisan bukanlah sesuatu yang mudah.
Karena kalau kita kurang cermat dalam menulisnya, pada akhirnya suatu dialog yang seharusnya lucu tersebut akan serta merta berubah menjadi basi dan garing.

Dalam hal ini, terus terang saja gue banyak belajar dari novel novelnya Aditya Mulya. Gue sangat mengagumi punchline dan humor cerdasnya. Dan menurut gue dia adalah salah satu penulis hebat yang sangat ahli dalam membangun suatu dialog dengan susunan kalimat dan emosi yang tepat sehingga bisa menggiring para pembacanya untuk tertawa *minimal senyum simpul* ketika membaca tulisannya. *sayang si Aditya ini kurang produktif dalam membuat buku*

Contohnya saja, ketika gue mencoba menulis dialog *rada lucu*, tentang permusuhan gue dengan ikan, gue mencoba menerapkan teori Aditya Mulya ini...

Jadi ceritanya… yang mancing cuman abah dan adek adek gue doang, sedangkan gue, Kayla dan Fathir lebih memilih untuk bermain main aja di playground nya…
Setelah selesai main, gue balik ke saung, dan ngeliat ternyata kita udah dapetin 3 ikan…
wah…hebat juga ya para amatir ini….
Gue liatin dengan penuh perhatian ketiga ikan itu, gue tilik tilik dengan seksama sampai akhirnya menghela napas….
Abah : Kenapa sih?
Gue : ckckck…gak abis pikir gue…
Abah : apanya?
Gue : kenapa ya? Walopun udah gue perhatiin bener bener…gue tetep masih gak bisa ngebedain ke tiga ikan itu lho…
Abah : Ya Iya laaaah…emang semuanya ikan mas gitu lhooo!!!!!

Lain lagi dengan Sidney Sheldon...
Beliau adalah tipe penulis hebat yang sangat detail dalam membangun satu karakter. Gue selalu saja dibuat tercengang dan terkagum kagum dengan setiap penokohan yang diciptakannya. Entah bagaimana caranya Sidney Sheldon selalu berhasil untuk memberikan nyawa dalam setiap tokohnya karena setiap tokoh tersebut seakan akan nyata dan hidup. Gue selalu merasa terbius dan tersedot kedalam setiap cerita yang dibuatnya. Hebat banget...
*akh...entah harus belajar nulis berapa puluh tahun lagi baru bisa bikin tulisan dengan detail sekeren si Sidney Sheldon ini...*

Intinya adalah,...
Gue menjadikan semua bahan bacaan gue itu sebagai bahan referensi, gue mengadopsi ilmu mereka agar gue mampu membuat suatu tulisan yang enak dibaca...tapi BUKAN MENYONTEK lho yaaaaa...
Gue tekankan sekali lagi, bahwa gue hanya mengadopsi ilmunya saja, karena gue tetap menuliskannya dengan materi dan gaya gue sendiri. NO PLAGIAT!

Being Original!!!
Bagi sahabat maya yang sering berkunjung ke blog ini...
Mungkin sudah tidak asing lagi dengan gaya penulisan gue yang nyantai...
Dan mungkin sudah terbiasa pula membaca beberapa materi blog yang terkadang terlalu membuka aib...hihihi...
Ada beberapa dari mereka yang sering meledek dan protes, kenapa Abah, Kayla dan Fathir, sering teraniaya dan dijadikan objek penderita di blog ini...hihihi...
Kelihatannya mereka kurang rela dengan peranan gue sebagai emak emak antagonis atau istri tiri di blog ini...hihihi...

Sebenernya sih alasan nya simple saja...
Karena jujur saja, itulah cara gue mengungkapkan rasa sayang gue ke mereka...
Karena *maap maap aja*....
Gue adalah tipe orang yang sangat tidak menyukai kata kata klise...

Kalau gue mau bilang...
Abah adalah suami yang sangat sabar dan pengertian*klise,basi,norak!*
maka gue akan menuliskannya dengan seperti ini...
Abah adalah tipe suami yang tidak akan terperanjat kaget ketika di tengah malam buta, mendapati istrinya sedang menatap layar televisi dengan pandangan yang sangat intense dan mata berkaca kaca....abah hanya akan mengeryit sebentar ke arah tv melirik artis drama korea itu, dan kembali tidur...hihihi.. *lebih orisinil kan?*

Atau ketika gue mau bilang bahwa
Gue akan mencintai abah apa adanya *klise, basi, norak*
Maka gue akan menuliskannya seperti ini...
Walaupun abah tetap bersikeras untuk tidak memotong kuku kelingkingnya *yang jelas jelas gue tahu pasti buat dipake ngupil*, ...tapi selama 7 tahun setiap paginya, setiap abah mau pergi kerja, gue tetap tulus hati mencium tangan abah, tanda hormat...hihihi...

atau...

Kalau abah aja mau nerima keadaan rumah yang susah rapi dengan novel yang berserakan dimana mana, maka gue pun akan berbesar hati menerima dengan lapang dada hobi anehnya abah yang suka ngumpulin karet gelang *bekas bungkus nasi kuning*, dan koleksi keresek bututnya...hihihi...

I dont like cliche and cheesy words...
I like being original....
Because its very personal...

Karena kata kata klise, telah diucapkan/dituliskan oleh sejuta umat...
Sedangkan kata kata orisinil diatas adalah asli kepunyaan gue,
Dan gak mungkin ada orang lain yang akan menuliskannya sama persis seperti itu...
kecuali NYONTEK!!!...hihihi...

Jadi...
kalau lain kali baca postingan gue yang banyak nuansa ledekannya,...
harus pintar pintar membaca makna yang tersirat di dalamnya yaaa...hihihi...

Ekspektasi tingkat tinggi
Ternyata...
sudah hampir satu tahun gue nge blog lho...

Jujur saja...
Bisa sanggup konsisten nge blog selama satu tahun ini...
Benar benar membuka cakrawala baru buat gue...

Keinginan gue adalah, tentu saja blog ini bisa eksis terus,
dan gue bisa konsisten posting seminggu sekali..

Keinginan gue yang lain adalah,
Gue ingin mulai serius untuk belajar menulis...
Dalam artian...
Kalau selama ini di blog, gue selalu membuat tulisan ringan dengan gaya bahasa yang nyantai,
Dan semuanya adalah kejadian sehari hari dan based on true story,

Sekarang ini...
Gue akan memberanikan diri...
Melebarkan sayap...
Mulai berimajinasi...membangun karakter...
Dan mencoba untuk membuat cerita pendek atau fiksi...

ehm...bisa gak ya?
Mudah mudahan aja bisa ya:)
Syukur syukur bisa kayak si JK ROwling...hihihi...

Baiklah...
Kalau begitu gue akan mulai mengkhayal dulu ya...:)

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp





7 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam K.U.M.A.T - Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun di BlogCamp.
    Akan dicatat sebagai peserta

    Salam hangat dari Markas Blogcamp di Surabaya

    BalasHapus
  2. I like being original....
    Because its very personal...

    Saya demen banget sama rangkaian kata-kata itu ...

    Original ... that's the key word
    dan itu nilainya sangat tinggi dimata saya

    salam saya Bi

    BalasHapus
  3. wah nih calon penulis HEBAT,
    setuju mbak di awali dengan banyak membaca, baru banyak menulis ....
    semoga sukses yach ...
    salam kenal ...
    semoga bisa berbagi di http://bchree.wordpress.com/2010/11/29/sukseskan-orang-lain-maka-anda-akan-lebih-sukses/

    BalasHapus
  4. wah ceritanya puanjang..komplet..!!
    sukses deh ry,semoga tercapai apa yang di cita2kan..aku doain itu..
    hiks2..kasian c abah,obyek penderita terus..!!haahha..

    BalasHapus
  5. Wah, tulisannya bagus mbak.. Salut.. aku masih belum bisa kayak mbak..
    Moga menang ya...

    BalasHapus
  6. mamah kayla punya rumah baru...
    dimanapun aku tetap suka...
    aku selalu suka tulisan mu mamah,,
    dan aku bisa berimajinasi bebas dengan tulisan mu itu,,
    membayangkan gimana lucunya kayla dan fathir,,
    dan polosnya abah tentunya.. :) :)

    BalasHapus